Minggu, 20 September 2015

Tips mudah belajar bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris, sebenarnya tidak sulit, asal ada kemauan dan tekun untuk belajar. Untuk bisa belajar bahasa Inggris diperlukan vocabulary yang cukup banyak, oleh karena itu diperlukan penghafalan kosa kata bahasa Inggris. Lima kata dalam sehari perlu dihafalkan, atau cara menghafal yang lain adalah dengan sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris atau membaca artikel bahasa Inggris. Kemudian mencari arti kata bahasa Inggris yang belum tahu arti katanya tersebut.
Ada tiga langkah mudah yang bisa Anda terapkan dan membuahkan hasil yang baik, yaitu:

Latihan

Kemampuan dalam menulis dan berbicara bahasa Inggris, memang sangat diperlukan. Namun penerapan dalam menulis diperlukan latihan. Mulailah latihan menulis tentang yang sederhana, seperti membuat percakapan di rumah ataupun disekolah. Setelah penulisannya sudah bisa, penerapannya berupa praktek bersama teman. Ajak teman yang juga ingin belajar bahasa Inggris dan kemudian mempraktekan dialog yang ditulis.
Kemampuan bahasa Inggris yang lain yaitu mengasah kemampuan mendengar. Kemampuan mendengarkan merupakan salah satu kunci meraih keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris. Untuk itu Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendengarkan lagu bahasa Inggris, teks bahasa Inggris, dan tentu saja film berbahasa Inggris.

Grammar itu penting namun jangan terlalu dibebankan

Grammar adalah sesuatu yang penting dalam penyusunan suatu kalimat pada bahasa Inggris. Dan grammar biasanya lebih tertuju pada kalimat formal. Untuk belajar sehari-hari kita jangan terlalu kaku harus menerapkan grammar.
Kita bisa sedikit memberikan toleransi dengan kesalahan-kesalahan grammatical atau tata bahasa. Namun, maksud dari perkataan yang kita ucapkan harus tetap jelas. Grammar itu penting namun jangan sampai mengalahkan keberanian kita untuk mengekspresikan bahasa Inggris.
Pengulangan 
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengulangan yang dilakukan secara terus menerus dan dalam tempo yang lebih lambat akan menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik. Siswa harus mendapatkan materi dengan pengulangan hingga belasan kali. Dengan pengulangan tersebut, maka terbentuklah memori jangka panjang. Kemudian, siswa mampu mempelajari bahasa Inggrisdengan lebih baik, dan tentu saja efektif.

sumber: englishfirst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar